Tips Menghemat Baterai Android Gio | Tips Ponsel



Zaman sekarang, ponsel ANDROID benar-benar mengguncang dunia, karena fitur-fiturnya yang keren disamping itu harganya terjangkau. Namun tak luput dari istilah "Ada Kelebihan, Ada Pula Kekurangan", ponsel Android juga mempunyai kendala yang hampir sama dengan ponsel-ponsel vendor lainnya, terutama masalah BATERAI.
Mungkin banyak dari ponsel Smartphone yang canggih, namun kadang juga baterai boros saat digunakan. Itu wajar. Nah, di sini akan saya kasih tips "simple" agar baterai android kita g boros. mungkin cara ini bisa menambah performa Baterai Android Anda. Kebetulan saya sedang pegang gio berbasis gingerbread Asia, jadi akan saya kasih tau sedikit tipsnya melalui ponsel ini:


  • Pertama-tama, untuk yang baru beli Android, akan saya kasih tau cara yang paling simple yaitu dengan cara menggeser bagian paling atas layar ponsel Anda. Perhatikan gambar di samping.
    Perhatikan tanda panah. Geser bagian layar atas yang berwarna hitam ke bawah hingga Anda melihat menu shorcut dan notifications. Matikan koneksi-koneksi yang tidak diperlukan. 


  • Masuk ke pengaturan >> Wireless dan Jaringan >> Jaringan Seluler >> Lalu kosongkan centang yang bertuliskan Gunakan data Paket agar tidak ada akses di belakang layar yang menimbulkan borosnya baterai. Tapi jika Anda ingin menggunakan data paket, Anda inggal aktifkan centang data paketnya lagi.


  •  Jika sudah paham, langsung kembali ke pengaturan >> Suara. Pilihan Hening juga terdapat pada shorcut yang saya jelasin di atas. Tapi di menu ini juga bisa. Pilih volume dan atur sedemikian rupa sekiranya tidak terlalu keras. Lalu kosongkan centang pada 3 pilihan yang paling bawah.


  •  Setelah semuanya selesai, coba kembali lagi ke menu awal pengaturan, lalu buka Tampilkan. buka Pencerahan. Geser tombol ke kiri agar layar menjadi redup. Hal ini dapat mengurangi penggunaan baterai secara berlebihan.



  • Setelah selesai,pilih Animasi, dan pilih No Animations.


  • Terakhir, pilih Waktu Tunggu Tampilan Layar. Pilih yang paling kecil saja yaitu 15 detik, agar tampilan cahaya pada layar bertahan hingga 15 detik saja. Ini juga penting untuk mengurangi pemborosan baterai.

Nah, itu tadi adalah menghemat baterai secara operasional. Adapun cara lain yang mendukung penghematan baterai, yaitu dari sikap Anda sendiri kepada perawatan baterai tersebut, berikut caranya :

  •  Pada saat Charge, usahakan dalam keadaan ponsel MATI, minimal jika aktif jangan digunakan untuk browsing, maen game, atau pun membuka fitur-fitur lain. Hal ini diupayakan agar pengisian daya baterai berjalan dengan stabil. Jika Anda tetap melanggar hal seperti ini, maka kasihan baterai ponsel Anda, nanti akan mempengaruhi kapasitas baterai tersebut.

  • Jika Anda baru beli ponsel, usahakan charge sampai penuh dan bertuliskan 100%. Dan ingat, jangan diutak-atik dulu ponselnya.

Berdasarkan pengalaman yang saya coba dari ponsel Gio, saya Charge hp sampai penuh dan saya gunakan mulai jam 6 pagi. Saya maen game dengan layar redup, tanpa suara, dan selama kurang dari 2 jam. 2 jam berikutnya saya coba browsing. Setelah itu saya hanya menggunakan ponsel ini sewajarnya dan alhasil, sampai jam 12 malam ponsel ini masih bertahan. WOW.
Nah, demikian sepenggal tips dari saya, mudah-mudahan berguna bagi orang awam seperti kita. Salam sukses.

    TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

    1 comment

    July 31, 2013 at 11:42 AM

    saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    Post a Comment

    Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.