7 Cara Menangkis Virus dan Malware pada Android | Tips Android


Setiap kelebihan pasti ada kekurangannya, setiap hitam pasti ada putih, setiap ada lakon pasti ada musuh. Nah, pepatah-pepatah itulah yang cocok untuk teknologi era modern ini. Seperti halnya Microsoft yang semakin maju demi melindungi kinerjanya dari berbagai gangguan virus, Android pun juga berupaya untuk membuat semacam antivirus, anti-spy dan sebagainya demi melindungi data-data beserta perangkat lunak yang terdapat di dalam smartphone. Bagaimana tidak, sudah lebih dari 50 virus dan malware yang mencoba menyusup ke dalam semua perangkat Android.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Symantec, serangan virus terhadap ponsel berbasis Android sepanjang 2011 mengalami peningkatan. Bahkan lebih dari 50 data virus dan malwarenya sudah tercatat berhasil menginfeksi perangkat Android. Kebanyakan bertujuan mencuri data dan informasi penting yang disimpan pengguna di ponsel Androidnya. Namun, ada juga virus atau malware yang bekerja sebagai media mengirim SMS atau pesan premium.

Nah untuk ulasan kali ini akan Saya jelaskan beberapa cara agar virus dan malware tidak bisa masuk ke ponsel kita:
  1. Manfaatkan aplikasi keamanan bawaan ponsel. Biasanya dapat diatur melalui Menu > Settings > Location n Security
  2. Selalu gunakan aplikasi resmi yang tersedia di Android Market, jangan download aplikasi diluar Android Market, karena rawan bersarangnya virus dan malware.
  3. Gunakan Aplikasi keamanan pihak ketiga yang cukup direkomendasikan.
  4. Cek informasi dari pembuat informasi dan pastikan data informasi yang ditampilkan cukup lengkap dan jelas, termasuk reputasi yang dimiliki developer.
  5. Bila Anda ingin mendownload di luar App Market,cek rating dan review aplikasi yang ingin diunduh, biasanya jika rating app lebih rendah daripada rating app yang di Android market, berarti App itu rawan virus dan Malware.
  6. Pastikan otorisasi terhadap data pribadi benar-benar telah dipahami sebelum Anda menginstall aplikasi.
  7. Tutup fungsi WiFi Auto Connect di menu Setting > Wireless & Network > WiFi setting. 


Nah itu saja info yang berhasil Saya dapatkan. jika Anda penasaran dengan daftar nama virus dan malwarenya, silahkan lihat disini

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.