Berbagai Masalah Ponsel Cina dan Solusinya | Tips Ponsel

Berbagai ponsel lokal (orang-orang menyebutnya sebagai ponsel cina) memang terkesan biasa-biasa saja. Namun banyak pula yang berminat untuk membeli hp tersebut. Disamping harganya yang relatif terjangkau "BANGET" dan fitur-fitur yang relatif cukup menghibur, tak salah jika kita mengeluarkan sedikit uang untuk membeli ponsel-ponsel seperti ini. Alhasil, ponsel-ponsel lokal (cina) berhasil menguasai pasar indonesia.
Namun, beberapa waktu kemudian muncullah berbagai keluhan dari para user, mulai dari baterai, musik, kamera, bahkan charger.
Untuk itu saya akan bagikan beberapa info keluhan tentang ponsel cina beserta solusinya berdasarkan sebuah media massa.

  1. Video 3gp tak bisa diputar
    Sebagian ponsel cina hanya mampu memainkan video yang berformat 3gp saja. File-file berformat mpg, avi, mp4 dsb tidak bisa diputar. Jika anda ingin memutar file-file terebut, hendaknya anda convert dulu menjadi 3gp. Caranya download dulu software converter (format factory, total video converter, dsb) dari internet (cari di mbah google).
  2. Tak bisa menjalankan aplikasi pada ponsel QWERTY lokal
    Beberapa ponsel lokal memliki kendala tidak bisa menjalankan beberapa aplikasi semacam java. Hal ini dikarenakan resolusinya berbeda. Maka dari itu usahakan mencari aplikasi yang sesuai dengan resolusi layar ponsel Anda.
  3. Tidak dapat menggunakan kamera
    Nah, yang ini aneh. Ketika kita hendak memotret, kameranya tidak bisa dibuka. Hal ini dikarenakan ada yang error pada modul hp anda. Solusinya coba update software ponsel. Jika masih belum bisa, cobalah ke pengaturan dan ubah modulnya.
  4. Akses internet gagal karena memory full
    Pada waktu kita membuka internet, kadang muncul tulisan "memory full". hal ini disebabkan karena terbatasnya kapasitas internal memory yang ada di ponsel Anda. Solusinya pindahkan semua file foto, gambar, musik, dan sebagainya ke memory ekternal (micro SD) agar ruang yang ada pada memory internal menjadi luas, sehingga tidak akan muncul pesan seperti itu lagi.
  5. Tidak bisa mengirim file lewat Bluetooh
    Bagi yang mempunyai kendala seperti ini, sabar aja ya? Heheheh. Memang ini adalah keluhan yang paling menjengkelkan bagi kita semua yang suka kirim-kirim file. Kendalanya ada dua. Jika bluetooh Anda tidak bisa terdeteksi oleh bluetooth pengguna lainnya, silahkan ganti pengaturan pada bluetooh hingga bluetooh bisa terdeteksi. Kendala kedua, jika Anda tidak bisa menerima file lewat bluetooh, pindahkan pengiriman ke memory eksternal.
  6. Tidak bisa memainkan musik
    Keluhan ini paling banyak didengar oleh pengguna ponsel cina. Mungkin ada yang belum tahu caranya bagaimana agar semua musik dari memory eksternal bisa diputar dalam ponsel, karena tidak seperti ponsel-ponsel ternama, beberapa ponsel cina hanya bisa memainkan musik hanya dalam 1 folder saja yaitu folder yang dinamakan MY MUSIC. Maka dari itu pindahkan semua file musik Anda ke folder tersebut. Jangan tambahkan folder lagi di dalam folder MY MUSIC.

  7. Tidak bisa browsing lewat Opera Mini
    Jika ini terjadi, biasanya karena setting network java yang belum benar. bisa juga karena TIME. jadi usahakan anda ganti waktu sekarang agar opera bisa berjalan secara efisien.
  8. Kontak Pengisian Jelek (Charger Jelek)
    Hal ini disebabkan karena terjadinya arus pendek, bisa juga dikarenakan chargernya. Untuk itu pastikan tegangan output charger Anda sesuai. Biasanya 3.7V-4.2V. Jika tetap tidak ada perubahan, segera tindak lanjuti ke service centernya aja.
  9. Baterai tidak bisa dicharge
    Pada saat mencharge baterai, tiba-tiba tidak ada tanda baterai ponsel dicharge. Pertama-tama periksa dulu kondisi baterainya. Apakah kembung atau tidak. Jika kembung, sebaiknya buang saja dan ganti yang baru dan sesuai dengan ponsel anda. Jika tidak ada kendala pada baterai, periksalah charger Anda. Periksa tegangan output pada charger. Jika memang terjadi keanehan, maka gantilah dengan yang baru. Jika masih ada problem yang lain, segera berikan ke service center.
  10. Tidak bisa menggunakan file foto sebagai wallpaper
    Jika ini terjadi, biasanya dikarenakan resolusi terlalu tinggi. Oleh karena itu editlah gambar Anda (resolusinya) menjadi lebih kecil sesuai dengan resolusi layar ponsel Anda.

Sekian info dari saya. Mudah-mudahan berguna bagi anda para pengguna ponsel lokal (cina). Sukses selalu.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

1 comment

December 9, 2013 at 9:04 PM

Thank's gan infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.