Kebiasaan Buruk Membawa Malapetaka




Di Afrika, pemburu monyet membuat perangkap monyet dengan melubangi kelapa, membelahnya menjadi dua, dan mengisinya dengan batu yang berkilau tetapi tidak berharga.
Ketika si monyet melihat cahaya semu itu, ia akan memasukkan tangannya kedalam kelapa tersebut. Si monyet tidak akan bisa mengeluarkan tangannya kecuali ia melepaskan batu itu dari genggamannya.
Akan tetapi, hampir semua monyet tidak mau melepaskan genggamannya. Otomatis, karena membawa beban (berua batok kelapa) si monyet tidak dapat bergerak dengan lesuasa dan mudah untuk ditangkap. Inilah yang menyebabkan perangkap ini terus digunakan sampai sekarang.
Sama halnya dengan kita. Hampir semua orang memiliki kebiasaan buruk yang tidak mau dilepaskan. Kebiasaan inilah yang akan memperlambat kinerja kita dalam mencapai tujuan hidup kita. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak anda untuk melepaskan kebiasaan buruk itu dan menggantinya dengan kebiasaan yang positif dalam 1 minggu.

 
7 LANGKAH MELEPASKAN KEBIASAAN BURUK

1. Catat alasan kenapa anda ingin berhenti dari kebiasaan buruk itu.

2. Catat alasan apa saja yang membuat anda tetap melakukan kebiasaan itu. Misalkan anda merokok, mungkain alasan anda adalah “rokok membuat saya lebih rileks.” Atau “semua teman-teman saya merokok.”
Temukan kebutuhan tersembunyi anda yang anda dapatkan dari rokok. Langkah ini hampir tidak pernah dilakukan oleh mereka yang ingin melepaskan kebiasaan buruknya dan meruakan langkah yang sangat penting bila anda ingin benar-benar berhenti. Alasan lainnya dari merokok biasanya “supaya terlihat lebih atraktif, lebih percaya diri, dan diterima teman-teman.”

3. Visualisasikan. Misalkan anda ingin Berhenti merokok dalam 1 minggu. Realistis?
Kemudian, terapkan tekhnik dari pak Tung. Bayangkan anda akan disiksa secara kejam dan brutal. Bila anda tidak berhenti melakukan kebiasaan anda. Anda akan ditangkap, diseret-seret di sepanjang jalan, kemudian di sayat vertikal sepanjang 1cm menggunakan pisau silet yang tajamnya minta ampun. Bekas luka tadi kemudian dilumuri dengan garam kasar.
Kemudian anda di gantung terbalik di lapangan sampai lukanya kering. kalau belum tewas juga, luka yang sudah kering tadi akan dikorek lagi dan di lumuri dengan duka murni. Kalau anda belum tewas juga, luka anda akan ditusuk dengan besi berkarat supaya tetanus dan bernanah.
Waktu itu topiknya kelebihan berat badan. Salah seorang ibu yang mendengar perkataan pak Tung itu langsung berteriak spontan “Potong kaki saya! Buang lengan saya! Yang penting saya jangan disiksa!” Dahsyat bukan?

4. Lakukan analisis. Tanyakan kepada diri anda sendiri seberapa besar keuntungan yang diberikan dari merokok atau kebiasaan buruk lainnya. Bila anda jujur, anda akan menyadari bahwa kebiasaan butuk anda membuat anda tidak produktif.

5. Cari kebiasaan baik lain yang bersifat produktif. Misalkan, daripada merokok untuk terlihat lebih macho atau keren, kenapa tidak mencari kebiasaan lain yang lebih baik seperti bermain musik? Keahlian anda dalam bidang yang konstruktif tersebut akan mengurangi kebutuhan anda pada kepercayaan diri palsu yang diperikan oleh rokok dan memberikan kepercayaan diri asli.

6. Visualisasikan (lagi) hal dahsyat apa yang akan anda dapatkan dari kebiasaan positif anda? Dengan berhenti merokok anda akan lebih sehat. Dengan menjadi lebih sehat, anda akan memiliki lebih banyak kesempatan karena anda siap setiap saat. Anda akan makin kaya, makin hesah, dan makin hebat setaiap harinya! Bayangkan anda berjalan-jalan bahagia bersama orang yang anda cintai, mungkin keluarga, atau hewan peliharaan kesayangan si bleki. Akan datang waktunya saat hal itu terwujud. Catat prestasi anda dan ulangi.

7. Anda akan melakukan dua hal sekaligus. Selain melepaskan kebiasaan buruk, anda juga mendapatkan kebiasaan baik yang dapat digunakan untuk mengisi waktu anda.
Mulailah untuk mengambil tindakan dari hal yang telah anda visualisasikan! Saya telah berhasil mengatasi kebiasaan buruk saya yang lama (kecanduan facebook) dan mengantinya dengan membaca buku hanya dalam waktu satu minggu. Saya tantang anda untuk melepaskani kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan baik. Saya tahu anda bisa!

tdwclub

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.