Tips Agar Terlihat Cerdas Di Mata Bos

Anda tentu tidak mau dipandang sebelah mata , atau dianggap ‘bau kencur’ oleh atasan atau rekan senior di kantor, bukan? Bagi sebagian orang, dianggap sebagai ‘underdog’ justru merupakan  posisi yangmenguntungkan, namun bagi sebagian besar orang dipandang sebelah mata dan terus diremehkan kadang merupakan sebuah tekanan mental yang berpengaruh terhadap produktifitas kerja. Ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan agar Anda terlihat cerdas di mata mereka:




  1. Dont Say These. Jika Anda ingin terlihat cerdas di mata mereka, hindari mengatakan kalimat-kalimat terlarang berikut ini: 1) “Saya tidak tahu” sebagai gantinya adalah ”Saya tidak tahu, tapi saya bisa mencari tahu untuk Anda, ” walaupun pesannya sama, namun kalimat Anda yang terakhir mengesankan Anda seorang yang positif dan mempunyai kemauan untuk mencari informasi. 2) “Saya kecewa” Kalimat ini terdengar kekanak-kanakan, sebagai gantinya gunakan, “Saya akan berpikir keras mencari jalan keluarnya,” Anda akan tampak lebih pintar dan asertif, meskipun pada saat itu Anda belum tahu jawabannya. 3) “Saya tidak yakin yang saya lakukan benar tapi…” menunjukkan Anda seorang yang ragu dan tidak percaya diri, sebagai gantinya adalah “Kalau merujuk dari informasi yang saya peroleh, seharusnya yang saya lakukan ini benar.” Di mata lawan bicara kata-kata seperti ini menunjukkan Anda orang yang optimis dan percaya diri. 
  2. Dengar dan Bertanya. Diam tidak selalu berarti emas. Terkadang diam malah menyiratkan Anda tidak menyimak dan mengerti. Orang pintar biasanya biasanya selalu mengajukan banyak pertanyaan. Jadi ketika terlibat dalam suatu pembicaraan, aktiflah bertanya. Orang bertanya mengindikasikan dia berpikir. Asalkan, tentu saja pertanyaan Anda tidak menyimpang dari topic yang sedang dibicarakan. Kalau Anda mengajukan pertanyaan yang tidak relevan tentu Anda akan dianggap tidak memahaminya. 
  3. Hai, Selamat Pagi. Datanglah ke Kantor dengan wajah cerah dan sapalah dengan ramah setiap orang di kantor. Anda akan terlihat mempunyai kemampuan sosialisasi yang tinggi. Image Anda pun akan terdongkrak. Mereka akan memandang Anda sebagai orang yang mempunyai kepercayaan diri tinggi dan ramah.
  4. Bergaul Dengan Si Pintar. Jangan hanya duduk di belakang meja dan sibuk mengerjakan pekerjaan. Keluarlah dari zona Anda. Perluas pergaulan di kantor. Bertemanlah dengan orang-orang yang menyenangkan dan pintar. Anda bisa belajar banyak dari mereka. Merasa paling pintar di kantor dan tidak mau bergaul, hanya akan membuat Anda seperti katak sombong dalam tempurung! 
  5. Punya Perhatian. Cobalah aktif di organisasi social, ikutlah kampanye lingkungan hidup, jadilah relawan di tempat-tempat bencana. Mereka yang peduli pada sesame, memberikan perhatian pada orang-orang di sekeliling dan lingkungan, selalu tampak menarik. 
  6. Posisi Menentukan Prestasi. Saat rapat atau menghadiri seminar, jangan duduk di deretan bangku belakang, karena terkesan Anda takut mendapat pertanyaan dadakan. Pilihlah tempat duduk di deretan depan, kalau perlu sat rapat duduklah dekat atasan. Anda akan dinilai sebagai orang yang antusias dan percaya diri. 
  7. Tegakkan Kepala. Rasa percaya diri merupakan modal untuk terlihat pintar. Anda yang mampu berjalan dengan tegak dan tatapan mata meyakinkan akan tampak terlihat lebih menarik daripada mereka yang selalu berjalan menunduk dan pandangan malu-malu. Rasa percaya diri yang terpancar ke luar membuat Anda terlihat cerdas. 
  8. Optimis. Apapun pekerjaan Anda, lakukan dengan sikap optimis. Orang yang selalu optimis dan bergairah dalam hidupnya, tidak mudah menyerah apalagi frustasi dianggap sebagai orang pintar. Gairah dan semangat yang menyala akan membuat mata Anda tampak berkilau. 
  9. Tulisan Sederhana Dianggap Cerdas. Dari tulisan seseorang bisa terlihat tingkat kecerdasanya. Dari sebuah studi yang dilakukan Daniel Oppenheimer dari University of Princeton, terungkap bahwa kalimat-kalimat pendek dengan jenis huruf yang mudah dibaca membuat penulisnya terlihat lebih cakap. “Penggunaan kata-kata dan kalimat panjang akan menyebabkan pembaca menilai rendah mutu tesk dan penulisnya,” ujar Oppenheimer. Jadi, tulislah dengan sederhana dan Anda akan dianggap lebih cerdas! 
  10. Senjata Pintar. Untuk dapat selalu up-to-date terhadap berita-berita terkini serta informasi-informasi termutakhir, Anda perlu membekali diri Anda dengan senjata, diantaranya adalah: rajin-rajin membuka Internet dan membaca surat kabar atau setidaknya nontonlah televisi minimal 5-10 menit untuk recharge kabar-kabar terbaru.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.