Level Kepemimpinan


Sahabat, dimanapun kita berada,pasti tidak lepas darikepemimpinan. Di kantor ada atasan kita, di masyarakat ada pengurus masyarakat, di keluarga ada kepala keluarga dan di diri sendiri ada kita,dimana kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri. Tentu saja jika saya bahas mengenai kepemimpinan maka pangkalnya adalah pengikut atau ada orang yang mau mengikuti sang pemimpin. Ada sebuah tujuan yang hendak dikejar, ada sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan. Tapi tahukah sahabat bahwa kepemimpinan itu mempunyai tingkatan/level. Setidaknya ada 5level dalam kepemimpinan:
  1. Level 5   , Ini adalah level teringgi dari sebuah kepemimpinan. Dimana modal dasar dari level 5 ini adalah trust dan respect. Artinya orang sudah percaya terhadapkepemimpinan ini. Biasanya orang yang mempunyai kepemimpinan level 5 ini sangatlah kharismatik dan memperjuangkan sebuah nilai-nilaiyang fundamental. Permintaan biasa saja dari orang yang mempunyai kepemimpinan level 5 ini akan diikuti oleh para pengikutnya,karena ia telah menjadi tokoh dan telah menjadi sosok yang ideal.  Contoh yang bisa sampai level 5 adalah Rasulullah,Soekarnao dll.
  2. Level 4   , Ini adalah level ke 2 tertinggi. Biasanya kepemimpinan di level ini akibat gagal menjadipemimpin di level 5. Modal dasar dari kepemimpinan ini adalah rasional (masuk akal). Ada hubungan sebab akibat disana, artinya pengikutnya mau mengikuti permintaan pemimpin pada level ini karena masuk dalam logika. “Jika mau tujuan tercapai maka harus melakukanini, ini dan itu” selama ini,ini dan itunya masuk akal dan diterima oleh akal sehat,maka pengikutnya akan senantiasa mejalankan permintaanya. Jika tidak maka permintaanya akan ditolak.
  3. Level 3   , Level ini terjadi karena gagal di level 5 dan 4. Modal dasar dari kepemimpinan pada level ini adalah reward (imbalan/hadiah), artinya para pengikutnya mau menuruti permintaan dari pemimpinya selama ada hadiah atau rewardnya. Selama ada imbalan yang diberikan untuk melakukan sesuatu. Jika imbalannya hilang,maka hilang juga keinginan untuk menjalankan permintaan dari pemimpin pada level 3 ini.
  4. Level 2   , Level ini terjadi akibat gagal  di level 3level sebelumya. Modal dasar dari level kepemimpinan ini adalah punishment (hukuman) artinya pengikutnya mau menuruti permintaan dari pemimpinnya karena khawatir akan hukuman yang akan diterimanya.
  5. Level 1   , Level ini terjadi akibat gagal di seluruh level sebelumnya. Modal dasar dari level kepemimpinan ini adalah compulsion (paksaan).
Nah dari ke 5 level itu dimanakah kita berada sahabat.Mudah-mudahan kita bisa menjadi pemimpin yang desenangi dan dipercaya oleh para pengikut kita. Bukan menjadi pemimpin yang ditakuti apalagi di benci oleh pengikut kita. Amin.

sumber :http://agussupriatna.com/motivasi/category/pengembangan-diri

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.