Pola pikir kita terhadap kesuksesan kita

Bagaimana Mindset Mempengaruhi Kesuksesan Kita

Oleh : Arief Maulana
mindset sukses, cara sukses melalui mindset, rahasia mindset suksesHati-hati dengan apa pola pikir Anda !
Menjadi orang sukses tentu menjadi idaman setiap manusia. Siapapun kita, apapun latar belakangnya tidak akan mengatakan TIDAK jika sukses tersebut datang dan menghampiri. Sayangnya sukses hanya bisa diraih bila kita memiliki beberapa komponen pendukung yang tepat, diantaranya adalah MIND SET / POLA PIKIR.
Mindset ini merupakan suatu hal yang amat penting dan sangat mempengaruhi kesuksesan kita ke depannya. Mindset juga memiliki cara kerja yang unik untuk membantu kita sukses, sebagaimana keyakinan dapat membawa kesuksesan (pernah saya bahas di artikel terdahulu). Namun sebelum saya menceritakan cara kerjanya, saya punya sebuah ilustrasi yang saya dapatkan dari sebuah audio motivasi.
Anda tahu gajah sirkus? Gajah sirkus ketika masih kecil oleh pawangnya selalu diikat dengan rantai yang dihubungkan dengan pasak dan ditancapkan ketanah.
Yang namanya gajah kecil, tentu kekuatannya tidak sehebat gajah dewasa. Sehingga setiap kali dia mencoba untuk lari, maka rantai tersebut akan menahannya dan hanya akan membuat gajah kecil tersebut merasa sakit. Setiap mencoba kabur maka yang dirasakan adalah sakit. Kabur… sakit… kabur… sakit. Lama-lama yang ada di pikiran si gajah… kalau saya kabur… sudah pasti sakit. 
Pola pikir ini dibawa sang gajah hingga akhirnya ia pun menjadi gajah dewasa yang cukup besar. Kalau kita bayangkan, gajah sebesar itu bila mengamuk bisa menghancurkan seluruh perkampungan sirkus. Namun uniknya, gajah tersebut hanya diam dengan penuh keanggunan manakala sang pawang sudah mengikat satu kakinya dengan rantai yang ditancapkan ke pasak. Dan Anda tahu, rantai beserta pasaknya yang digunakan sama dengan yang digunakan ketika gajah tersebut masih kecil.
Hingga pada suatu saat terjadi kebakaran hebat di perkampungan sirkus. Semua orang sudah berusaha menyelamatkan diri. Namun tidak dengan sang gajah. Sang gajah masih saja membawa pola pikirnya, jika saya kabur akan mendapatkan rasa sakit. Hingga akhirnya api sudah terlalu besar dan gajah tersebut sudah terlambat untuk lari (terbakar) dan mati mengenaskan. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, gajah ini baru sadar walau terlambat. Ternyata kekuatan rantai dan pasak tersebut tidak ada apa-apanya. Tanpa banyak tenaga bisa saja dia kabur sejak dulu. Namun semua terlambat.
Apa yang bisa Anda pelajari dari secuplik ilustrasi di atas?
Pola pikir kita, ternyata bisa membawa kita pada kesuksesan atau bahkan bisa membawa kita pada kegagalan, tergantung bagaimana kita menempatkannya.
Seperti pada gajah. Andai ia memiliki pola pikir yang tepat bahwa dirinya ketika dewasa jauh lebih kuat beribu kali daripada rantai dan pasak yang mengurungnya, maka dia tentu sudah lama merasakan kebebasan. Bahkan boleh jadi tidak perlu menunggu dewasa pun (remaja) dia sudah bisa kabur. Sayangnya karena pola pikir yang salah gajah itu terpenjara dalam pikirannya bahwa “kalau saya mencoba kabur, sakit”
Perhatikan pola sederhana berikut, yang menggambarkan bagaimana pola kerja MINDSET :
cara-kerja-mindset
Mindset yang kita miliki akan mempengaruhi setiap tindakan yang dilakukan. Dan seperti Anda ketahui, action adalah salah satu penentu apakah kita akan sukses atau tidak.
Orang-orang sukses di awal perdjoeangannya kebanyakan memiliki mindset bahwa sukses adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh dengan proses di dalamnya. Proses tersebut tidak selamanya manis, bahkan lebih banyak pahitnya. Menyadari hal ini, pada akhirnya akan membantu orang tersebut untuk memiliki power lebih dan tetap bertahan manakala hambatan dalam perjalanan suksesnya datang. Keyakinannya pun semakin bertambah. Dia sadar selama tetap bertahan dan berjuang, garis finish (kesuksesan), hanya tinggal menunggu waktu saja.
Mindset juga bisa membuat Anda menjadi gagal. Sebagai contoh masyarakat kita. Kebanyakan dari masyarakat kita (semoga Anda tidak) sebagian besar memiliki mindset INSTAN. Segala sesuatunya kalau bisa instan. Begitu ada peluang bisnis yang menawarkan kesempatan untuk mempercepat proses menuju sukses, yang terbayang adalah saya join, usaha dikit, duit mengalir deras.
Ketika dicoba ternyata kenyataan tidak seindah apa yang dibayangkan. Sudah berbulan-bulan berusaha tidak menunjukkan hasil. Akhirnya frustasi sendiri dan berhenti. Yang lebih parah lagi, sudah gagal menjelek-jelekkan sistem yang diikutinya. Apakah Anda juga seperti itu?
Bagaimana jika mindsetnya tepat, yakni tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini melainkan semuanya adalah hasil sebuah proses, maka tidak akan ada istilah putus asa. Apalagi kita memiliki Allah Yang Maha Besar melebihi besarnya masalah kita.
Mindset ini sendiri tidak terbentuk begitu saja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Bila kita sering dekat dengan faktor-faktor yang positif tentu mindset kita akan baik, begitu juga sebaliknya. Ini akan saya bahas pada postingan berikutnya.
Last question, bagaimana MIND SET Anda terhadap sebuah kesuksesan?
Salam Sukses,
Photobucket

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA POSTING DI ATAS. JANGAN LUPA TINGGALIN JEJAK DI KOMENTAR YA? ^_^

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Nama Anonim Anda. Terima Kasih.